Jumat, 06 Mei 2016

The Manual Book a.k.a buku panduan

manual book adalah salah satu hal yang termasuk yang paling di remeh kan di dunia ini. anda tidak percaya? saat anda belu HP atau motor baru, apakah anda baca itu buku panduan yang di bundling satu paket dengan produk? entah kenapa saya yakin anda tidak membaca nya. hehe.

malah, yang kita lakukan adalah meminta bantuan pihak ketiga, misal nya "googling". kalau ada masalah yang sering kita lakukan adalah tidak membuka buku panduan, tapi mencari solusi di internet. padahal hasil di internet itu tidak semuanya tulus.

lalu kenapa kita tidak membuka buku panduan sebagai dasar? padahal kan itu buku resmi dari si pembuat produk. sudah jelas lah dia tahu seluk beluk produk nya. saya pribadi tak menyalahkan tentang mencari solusi lewat googling, saya pun sering melakukannya, karena itu alternatif yang cepat dan menyenangkan. tapi sangat banyak baiknya kita memperhatikan buku panduan.

saya pribadi pernah menelan pahit ketika saya kehilangan channel YouTube saya. singkat cerita saat itu saya mengikuti tutorial di salah satu blog, dengan harapan bisa mengakusisi channel saya dari yahoo menjuju google kalau tidak salah. alhasil, malah terhapus channel saya secara permanen. selidik punya selidik, ternyata trik yang saya baca sudah tidak bekerja lagi untuk di implementasi kan pada YouTube saat itu.

Dulu saya suka sekali iklan di facebook selama 1-2 hari, hasilnya sangat tidak memuaskan. lalu kemudian, ada kawan yang menyarankan untuk running iklan selama minimal 7-10 hari. dan, atas kuasa Allah, hasil iklan begitu menyenangkan. dan benar saja, saya coba buka panduan iklan facebook di situs resmi nya, disitu diterangkan kalau iklan sebaiknya ditayangkan 2 mingguan. Nah, . . .

untuk mengakhiri tulisan ini mari kita lihat status dari agan mastah yang satu ini,

Sumber : FB khalid



Tidak ada komentar: